Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 2 Maesan Kelas VII-A Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini ditujukan untuk memperbaiki proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 2 Maesan kelas VII-A semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) ini berdasarkan pengamatan awal guru pendidikan agama islam, bahwa sebanyak 28 siswa dalam proses pembelajaran kurang antusias dan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Penelitian tindakan kelas ini berjalan dua siklus yang masing-masing siklus dilakukan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alasan pemilihan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam adalah, pertama, model ini belum pernah digunakan. Kedua, model pembelajaran ini cocok dengan karakteristik materi yang akan diajarkan. Ketiga, model pemeblajaran ini dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata bagi siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa, pertama, model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat memperbaiki pengelolaan pembelajaran mencapai 83% dengan kategori baik. Kedua, penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ketuntasannya 100% dengan nilai rata-rata 78,30.
Copyright (c) 2023 Al-Isra: Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.