Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX-C Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Role Playing Di SMPN 2 Prajekan Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan metode role playing. Harapannya adalah diakhir tindakan ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 2 Prajekan kelas IX-C semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif teknik persentase. Hasil peneltian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dalam pembelajaran pendidikan agama islam dapat memperbaiki pembelajaran dengan indikator siswa aktif terlibat dalam pembelajaran, antusias, dan gembira. Siswa juga mampu merespon positif umpan balik yang dilakukan guru diakhir pembelajaran. Metode role playing juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan ketuntasan 96% dengan nilai rata-rata 78.72.
Copyright (c) 2023 Al-Isra: Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.