Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Workshop Analisis Hasil Ulangan Harian Berbasis Komputer
Abstract
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah, pertama, apakah workshop dapat meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di Bondowoso dalam menganalisis hasil ulangan harian yang berbasis komputer. Kedua, Mengetahui peningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di Bondowoso dalam menganalisis hasil ulangan harian yang berbasis komputer melalui kegiatan workshop. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah guru-guru Pendidikan Agama Islam pada wilayah binaan peneliti di Kecamatan Tamanan dan Jambesari, Kabupaten Bondowoso yang berjumlah 20 orang. Siklus awal pada aspek kesiapan bahan 60% peserta siap, kesiapan laptop 50%, kehadiran 70%, dan mengerjakan tugas 35% mengerjakan analisis. Pada siklus ini belum memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu sebesar minimal 85%. Siklus II diperoleh data aspek kesiapan bahan 85%, kesiapan laptop 85%, kehadiran guru 90%, dan mengerjakan tugas 75%. Berdasarkan dekripsi ini, secara umum masih belum memenuhi kriteria keberhasilan untuk semua aspek meskipun banyak yang berkatagori Baik. Setelah dilakukan pembinaan dan pemantapan materi terkait beberapa kelemahan peserta yang mengacu pada refleksi dan pemecahan masalah pada siklus sebelumnya maka pada siklus ini diperoleh data: pada aspek kesiapan bahan diperoleh 95%, kesiapan laptop 95%, kehadiran guru 100%, dan mengerjakan tugas 90%. Berdasarkan dekripsi ini, dapat dikatakan bahwa kompetensi guru binaan di Bondowoso yang masih lemah dalam melakukan analisa hasil ulangan berbasis komputer dapat ditingkatkan melalui kegiatan workshop.
Copyright (c) 2022 Al-Isra: Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.