Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII A di SMPN 2 Sakra Barat Lombok Timur Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning. Indikator pembelajaran pendidikan agama islam adalah meningkatnya prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa yang ditingkatkan mencakup tiga komponen yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pemilihan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam karena model pembelajaran tersebut dapat membuat motivasi siswa aktif belajar di kelas VII A di SMPN 2 Sakra Barat Lombok Timur sehingga akan berdampak pada peningkatan prestasi belajarnya. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah, pertama, apakah penerapan contextual teaching and learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII A di SMPN 2 Sakra Barat Lombok Timur semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Kedua, berapa besar peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII A di SMPN 2 Sakra Barat Lombok Timur semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan tiga siklus yang setiap siklusnya dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya memakai persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan ketuntasan belajar sebesar 94% dengan nilai rata-rata 88,60.
Copyright (c) 2022 Al-Isra: Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.