Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII-B SMPN 2 Tenggarang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Istibsyaroh Mufiansyah SMPN 2 Tenggarang Bondowoso
Keywords: mind mapping, motivasi, hasil belajar

Abstract

Penelitian  ini  berupaya  untuk  meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan metode mind mapping pada pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII-B di SMPN 2 Tenggarang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Langkah-Iangkah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalain dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa  kelas  VII-B  di SMPN  2  Tenggarang semester ganjil tahun  Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi prasiklus sebanyak 11 siswa atau 36,67%, pada siklus I naik menjadi 20 siswa atau 66,67%, dan pada siklus II naik menjadi 30 atau 100,00%. Meningkatnya  motivasi  belajar  siswa  diikuti  oleh  meningkatnya  hasil  belajar siswa  dari  kondisi  prasiklus  yang  hanya  8 siswa  atau  26,67%,  pada  siklus I naik menjadi  19 siswa atau 63,33%, dan pada siklus II naik menjadi 27 siswa atau 90,00%, serta peningkatan nilai rata-rata pada kondisi prasiklus sebesar 57,33, pada siklus I naik menjadi 69,00, dan pada siklus II naik menjadi 78,67.

References

Arikunto, S. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bambang, Riyono, dkk. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mmd Mappf ng Terhadap Kemampuan Be1pikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education 1(3): 34-41.

BSNP. 2006a. Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar lsi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

De Porter, Bobbi dan Hemacki, Mike. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Leaming.

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar. Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Dimyati dan Mudjono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful, Bahri. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan. Pembelajaran. Jakarta: Bruni Aksara. Ismail, Fajri. 2014. Evaluasi Pendidikan. Pale1nbang: Gemilang Press.

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Slameto. 2016. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Cetakan Keenam. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunarto & Agung Hartono. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tafsir, Ahmad. 2014. Ilmu Pendidikan Dalam Perpektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zul Fajri EM dan Ratu Aprilia Senja. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Edisi Revisi. Cet. 3. Semarang: Difa Publishers.

Published
2023-01-25
How to Cite
Mufiansyah, I. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII-B SMPN 2 Tenggarang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Al-Isra: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1). Retrieved from http://mgmppaismpbws.or.id/index.php/alisra/article/view/43
Section
Articles