Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Shalat Jamak Dan Qasar Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas VII-D SMP Negeri 2 Tenggarang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pendidikan agama islam materi shalat jamak dan qasar melalui model pembelajaran Make A Match pada siswa kelas VII-D SMP Negeri 2 Tenggarang Semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari dari empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitianini adalah Siswa kelas VII-D SMP Negeri 2 Tenggarang yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh peningkatanaktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari 13 siswaatau 40,63% pada kondisi awal, pada siklus I naik menjadi 22 siswa atau 68,75%,dan pada siklus II menjadi 32 siswa atau 100% dari jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Peningkatan hasil belajar ditandai dengan meningkatnya nilai rata-ratayang mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 58,75, pada siklus I naikmenjadi 69,38, dan pada siklus II menjadi 78,75, dengan tingkat ketuntasan belajar pada kondisi awal sebanyak 10 siswa 31,25%, pada siklus I menjadi 20siswa atau 62,50%, dan pada siklus II menjadi 28 siswa atau 87,50%, dan masih ada 4 orang siswa (12,50%) yang belum tuntas dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 32 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PAI materi Shalat jamak dan qashar siswa kelas VII-D SMP Negeri 2 Tenggarang Semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019.
Copyright (c) 2022 Al-Isra: Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.