Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII A SMPN 1 Tanjung Jabung Timur Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penerapan metode Card Sort dalam penelitian tindakan kelas kali ini. dengan maksud apakah metode tersebut dapat berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang awalnya memiliki hasil belajar yang jauh dari kriteria ketuntasan yang saat itu masih menggunakan metode pembelajaran konvensional atau metode ceramah. Karena penerapan metode yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Sebaliknya, kesalahan dalam menerapkan metode dalam pembelajaran akan berakibat fatal. Subjek penelitian kali ini adalah siswa kelas VII A SMPN 1 Tanjung Jabung Timur yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan dari nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari setiap siklus, pada pra siklus hasil yang diperoleh masih jauh dari kriteria ketuntasan yang diharapkan, rata-rata yang diperoleh adalah 53,83. Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 70 mengalami peningkatan sebesar 16,17 poin kemudian pada siklus II hasil rata-rata yang diperoleh adalah 82,67 yang mengalami peningkatan sebesar 12,67 poin.
Copyright (c) 2022 Al-Isra: Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.