Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di SDN Kepel Pasuruan Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Keragaman siswa adalah salah satu elemen penting dalam proses pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam. Keragaman siswa itu bisa berupa sosial budaya, kebiasaan, dan kemampuannya. Proses pembelajaran yang ideal harus memperhatikan itu agar pembelajaran mencapai tujuannya secara optimal. Satu dari model pembelajaran yang memperhatikan keragaman adalah pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division). Model pembelajaran ini diperlukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (class action research) dengan tiga siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan kooperatif model STAD memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (65,51%), siklus II (82,78%), siklus III (96,55%). Penerapan model pembelajaran kooperatif model STAD mempunyai dampak positif yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Copyright (c) 2022 Al-Isra: Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.